Explore karimun Jawa 2019

Persiapan
Genpi Batang yang diwakili oleh ciha, mendapat undangan dari Dinas Pariwisata Jepara melalui Genpi Jateng untuk mengikuti kegiatan "Explore Karimun Jawa 2019". Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 18 Oktober 2019 - 20 Oktober 2019. Setelah mengirim KTP ke salah satu narahubung yang ada di surat, beberapa hari sebelum keberangkatan ciha dimasukkan ke dalam sebuah grup dengan nama PESERTA FAM TRIP KARIMUN. Dalam grup tersebut para peserta saling berkenalan, dan berbagi informasi mengenai meeting point serta rundown yang sudah di bagi oleh panitia yang masuk dalam grup tersebut.
Panitia memberi instruksi kepada peserta yang berasal dari arah barat untuk berkumpul di meeting point pada kamis sore tanggal 17 Oktober 2019 jam 3 sore di stasiun Tawang. Ciha dan rombongan berenam yang berasal dari organisasi berbeda seperti dari tour & travel, Genpi serta IPPI menuju Jepara menggunakan mobil yang menjemput kami menuju Jepara dan menginap di hotel. Di hotel ada beberapa peserta yang sudah sampai. Setelah mendapat kamar, dan beristirahat sejenak, setelah makan malam panitia mengadakan briefing mengenai kegiatan di KARIMUN JAWA 3 hari ke depan.
Keesokan harinya, tanggal 18 Oktober 2019. Kami bersiap menuju ke pelabuhan Kartini.

merchandise
briefing kegiatan 3 hari kedepan

Trip hari pertama -  18 Oktober 2019
Perjalanan dari pelabuhan Kartini Jepara menuju ke Pelabuhan Karimun Jawa menggunakan kapal Bahari Express ditempuh kurang lebih selama 2 jam. Setelah sampai di Pelabuhan, Rombongan di arahkan menuju ke Wisma wisata untuk menyantap makan siang, setelah itu kami menuju hotel untuk istirahat sejenak dilanjutkan dengan ke wisata darat. Wisata darat pertama yang kami kunjungi yaitu : Pantai Bunga Jabe, sampai disana kami disambut dengan tarian khas kampung bugis lalu kami diberi suguhan minuman yang segar serta makanan khas yaitu kope’ kope’ langi.
lokasi: pantai bunga jabe
Yang kedua yaitu Pantai Laendra, selain keindahan pantai yang menawan, kami juga disuguhi makanan khas yang dibungkus daun pisang yaitu abu goso. Dilanjutkan ke Tracking Mangrove, yang memiliki track 1,3 km.
lokasi : pantai laendra

lokasi : tracking mangrove

Yang terakhir yaitu ke Bukit Love, disana kami disambut dengan berbagai tarian. Di Bukit Love memiliki spot menarik untuk mengambil gambar, saat senja tiba. Selain spot foto yang menarik disini terdapat pelatihan membatik yang melatih anak anak di sekitar disana. Salah satu batik khas karimun jawa yaitu motif minagara.
lokasi : bukit love

Trip hari kedua- 19 Oktober 2019
Explore Karimun di hari kedua dimulai sekitar pukul 8 pagi, setelah selesai sarapan, saya dan rombongan segera menuju ke pelabuhan untuk segera menuju ke spot snorkeling, rombongan dibagi dalam 2 kelompok, karena perahu hanya memuat maksimal 17 orang penumpang saja. Sebelum perjalanan dimulai, guide lokal memberi penjelasan kepada kami mengenai aturan yang harus diperhatikan di perahu, serta wisata wisata mana sajakah yang nantinya akan kami kunjungi. Perjalanan menuju spot tersebut cukup memakan waktu yang lama, yaitu sekitar 40 menit perjalanan ditemani gelombang yang cukup besar. Sampai di sana, kami langsung bersiap menggunakan baju renang serta menggunakan peralatan yang dibutuhkan seperti kacamata serta pelampung yang memang sedari perahu berjalan dari pelabuhan sudah kami gunakan. Banyak ikan nemo di sana, kami ditemani guide lokal yang memandu dan memotret kami menggunakan kamera olympusnya sangat menikmati snorkeling di spot ini.
penampakan ikan nemo di spot snorkeling- credit : tim guide lokal karimun

saat snorkeling di spot snorkeling- credit : tim guide lokal karimun
Setelah selesai snorkeling, kami melanjutkan perjalanan menuju ke Pulau Cemara Besar untuk bersantap siang. Setelah selesai mengisi perut dengan sajian yang disediakan serta puas mengambil gambar kami melanjutkan perjalanan menuju pantai Tanjung Gelam, di pantai ini terdapat wahana banana boat, yang bisa dinaiki oleh 5 sampai 6 orang.
makan siang di pulau cemara besar- credit : trisna
Pantai terakhir yang kami kunjungi yaitu Menjangan Kecil, di sana terdapat spot penangkaran hiu serta bintang laut.
penangkaran hiu di pulau menjangan kecil- credit: trisna
Pulang dari wisata air kami kembali menuju ke hotel. Sekitar pukul 19.00 WIB kami menuju ke wisma wisata lagi untuk menyantap makan malam terakhir di Karimun Jawa, dilanjutkan visit ke pusat oleh oleh di sekitaran wisma wisata dan mampir ngopi di kopi krimun.
kopi krimun - credit : ciha
Sebelum pulang kami sempat mampir di rumah pak Mulyono pemilik homestay pertama di karimun jawa tahun 1993 yang dinobatkan sebagai pengelola homestay terbaik. Harga homestay di rumah pak mulyono ini hanya 85.000/malam yang memiliki 6 kamar, dan memiliki 3 kamar mandi. Beliau banyak bercerita mengenai sejarah karimun jawa.
bapak farid pemilik oleh oleh mama jaya  (kiri), pak mulyono pemilik homestay pertama dikarimun (kanan)

Trip hari ketiga - 20 Oktober 2019
Hari ketiga di karimun kami memulai perjalanan pukul 05.00 pagi, menuju ke pantai Bobby untuk menikmati sunrise disana. Kami sampai disana tidak lebih dari 10 menit dari hotel, sungguh luar biasa indahnya. Kami tidak bisa berlama lama disana, pukul setengah 7 pagi kami kembali ke hotel untuk sarapan dan bersiap kembali ke Jepara. Sekitar pukul setengah 9 pagi, setelah berpamitan dan berterimakasih kepada guide lokal disana kami menuju ke pelabuhan untuk kembali ke jepara. Perjalanan yang ditempuh kurang lebih 2 jam perjalanan dengan ombak yang lumayan tinggi sampai di Pelabuhan Kartini sekitar jam setengah 12 siang. Di pelabuhan Kartini kami saling berpamitan dengan teman teman dari daerah lain serta perwakilan dari dinas pariwisata Jepara. Dan tidak lupa pula dengan Panitia yang setia menemani kami dari awal pemberangkatan sampai kembali lagi ke Jepara. Terimakasih.